Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Kamis, 20 April 2017

3 Konsep Kombinasi Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis Terbaik

Desain Ruang - Memilih warna cat plafon adalah unsur penting yang harus diperhatikan dalam menciptakan suatu kesan tertentu pada desain ruang tamu Anda. Pasalnya, perpaduan warna cat plafon dengan warna dinding dapat membuat sisi perspektif ruangan tampak menjadi lebih besar atau lebih kecil. Khususnya pada desain rumah minimalis yang ruang tamunya sering kali berukuran kecil, maka kita tentu ingin supaya perpaduan warna dapat memberikan kesan luas dan lega. Lantas, seperti apa perpaduan warna cat plafon ruang tamu kecil dan warna cat dinding yang sesuai untuk desain rumah minimalis?

Cat Plafon Ruang Tamu

Pada prinsipnya, pemilihan warna cat plafon dan dinding ruang tamu pada rumah minimalis harus memperhatikan 3 konsep, yaitu kontras, shading, dan motif. Ketiga konsep ini saling berkaitan dalam menciptakan kesan luas pada ruang tamu berukuran kecil pada rumah minimalis.

Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis

1. Pemilihan Paduan Warna Cat yang Kontras

Untuk kontras, kombinasi antara warna cat plafon ruang tamu dengan warna dinding dibuat serendah mungkin. Warna plafon yang lebih pucat dibandingkan warna dinding akan menyajikan kesan ruang tamu yang lebih luas dan sederhana. Sementara bila warna plafon yang lebih kontras atau kuat dibandingkan warna dinding akan menghasilkan kesan ruangan yang pendek dan sempit. Munculnya kesan sempit pada pemilihan cat yang kontras disebabkan karena sisi perspektif yang terbatas dari perbedaan warna yang ada.

2. Shading Warna Cat Plafon Ruang Tamu

Shading atau pengaturan bayangan cahaya pada desain plafon pada ruang tamu minimalis juga diperlukan untuk menciptakan kesan ruangan yang luas. Seperti diketahui, bayangan pada cahaya akan tampak lebih baik pada bidang warna yang cerah. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan peran bayangan ini, diperlukan warna cat plafon ruang tamu yang lebih cerah. Warna putih, kuning, abu metalik, biru muda, atau warna warna pucat lainnya mendukung Anda untuk menemukan sisi perspektif terbaik pada desain ruang tamu Anda.

Pada kondisi tertentu, warna-warna gelap seperti coklat, merah tua, dan bahkan hitam juga dapat memberikan efek bayangan yang baik apabila dikombinasikan dengan warna plafon yang cerah dan tata lampu yang tepat. Akan tetapi, hal ini membutuhkan keahlian khusus dalam ilmu desain interior. Bila tak menguasainya, jangan sekalipun mencoba-coba pemilihan warna gelap sebelum Anda pernah melihat contoh penggunaannya.

Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis

3. Pemilihan Corak

Dewasa ini, penggunaan wallpaper pada permukaan plafon rumah banyak diminati karena dapat memberikan tampilan yang seragam pada sisi plafon. Akan tetapi, beragam corak yang disajikan pada wallpaper tersebut kadang kali membuat bingung, sehingga para pengguna menjadi salah dalam menentukan corak wallpaper yang sesuai dengan konsep ruang tamunya.

Untuk ruang tamu minimalis, sebaiknya penggunaan wallpaper tidak dilakukan. Banyaknya corak pada plafon akan membuat kesan ruangan menjadi terasa sempit. Akan tetapi, bila terpaksa harus dilakukan, pilihlah wallpaper dengan kontras corak yang seminimal mungkin.

Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis

4. Paduan Warna Cat Plafon dan Dinding yang Tepat

Yang tak kalah penting dalam menentukan warna cat plafon ruang tamu dan dinding pada desain rumah minimalis adalah Anda harus benar-benar menemukan contoh penerapan warna-warna tersebut. Dengan contoh-contoh yang ada, Anda akan dapat menentukan mana pilihan warna yang tepat dan sesuai dengan selera Anda. Untuk itu, berikut ini kami telah menyajikan beberapa contoh penerapan cat plafon dan dinding tersebut sebagai gambaran dan inspirasi untuk Anda. Jika belum menemukan desain yang sesuai, silakan menuju artikel kami berikutnya yang berjudul : 10+ Warna Plafon Ruang Tamu Rekomendasi untuk Desain Rumah Minimalis.

Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis
Nah, demikianlah sekilas pemaparan kami tentang konsep pemilihan warna cat plafon ruang tamu kecil minimalis beserta contoh-contoh penerapannya. Silakan berkreasi sesuai dengan desain ruang tamu yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 3 Konsep Kombinasi Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis Terbaik