Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Sabtu, 15 April 2017

30+ Model Plafon Ruang Tamu Kecil dan Tips agar Terlihat Luas

Desain Ruang - Pada desain rumah minimalis, ukuran ruang tamu yang kecil (biasanya sekitar 3x3 meter) sering kali menjadi salah satu masalah. Ruang tamu yang kecil, akan menimbulkan kesan sumpek dan tidak nyaman bagi penghuni dan tamu yang datang, terlebih bila susunan interior di dalamnya tidak tertata dengan baik. Untuk itu, perhatian terhadap unsur perspektif ruang tamu yang kecil menjadi sangat penting untuk dipahami, karena dengan penataan unsur-unsur perspektif tersebut, misalnya pada desain dan model plafon, diharapkan ruang tamu dapat terlihat lebih luas dan bisa menunjang utilitasnya secara maksimal. Lantas, bagaimana konsep dasar dan panduan dalam menata interior dan memilih model plafon ruang tamu kecil yang tepat? Berikut ini kami akan mengulas penjelasannya untuk Anda lengkap dengan contoh model plafon ruang tamu kecil yang bisa Anda pilih!

Model Plafon Ruang Tamu Kecil

Dalam menentukan model plafon yang tepat untuk ruang tamu berukuran kecil, ada beberapa unsur yang perlu dipahami oleh Anda yang mengusung konsep hunian minimalis. Unsur tersebut meliputi tinggi plafon dari lantai, model plafon yang sesuai tema hunian, pemilihan warna cat plafon, tata pencahayaan dan lampu, serta konsep penataan interior.

Model Plafon Ruang Tamu Kecil

1. Tinggi plafon dari lantai

Unsur pertama yang perlu diperhatikan dalam menentukan model plafon untuk ruang tamu kecil adalah tinggi peletakan plafon. Pada ruang tamu berukuran kecil, usahakan untuk meletakan plafon setinggi mungkin, yakni antara 4 sd 5 meter dari lantai keramik. Selain dapat membuat suhu udara dalam ruang tamu menjadi tidak panas, plafon yang tinggi juga akan memberikan kesan perspektif yang luas bagi penglihatan mata kita, sehingga meski ruang tamu Anda berukuran kecil, penglihatan mata Anda akan menganggapnya jauh lebih luas.

2. Model plafon untuk ruang tamu kecil

Setelah tinggi peletakan plafon telah diketahui, selanjutnya Anda dapat langsung menentukan seperti apa model plafon ruang tamu kecil yang sesuai selera Anda. Bila plafon terpaksa diletakan pada tinggi kurang dari 4 meter (misalnya karena tinggi atap bangunan yang rendah), maka usahakan untuk memilih desain plafon berlapis yang bagian tengahnya menjorok ke atas. Dengan desain plafon sederhana tersebut, kesan ruang tamu yang sempit dan kecil akan sedikit hilang. Sementara jika plafon bisa diletakan lebih 4 meter dari permukaan lantai, maka Anda akan semakin leluasa untuk memilih model plafon yang sesuai selera, misalnya desain plafon datar dengan pencahayaan lampu tempel. Nah, berikut ini beberapa contoh model plafon ruang tamu kecil yang mungkin bisa Anda pilih.

Model Plafon Ruang Tamu Kecil 3x3
Model Plafon Ruang Tamu Kecil 3x3 Minimalis
Model Plafon Kayu Ruang Tamu Kecil
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu Kecil
Model Plafon GRC Ruang Tamu Kecil
Model Plafon Kayu Ruang Tamu Kecil Mungil

3. Pencahayaan lampu plafon

Pencahayaan juga menjadi unsur yang cukup perlu perhatian setelah Anda memilih desain dan model plafon ruang tamu kecil pilihan Anda. Jika tata cahaya tidak diperhatikan, maka kesan minimalis dan perspektif yang luas akan hilang dan usaha Anda akan sia-sia. Contoh sederhananya adalah saat Anda menggunakan lampu gantung berukuran besar untuk ruang tamu yang kecil. Keberadaan lampu gantung kristal tersebut akan menjadi perusak sisi perspektif sekalipun bentuk kristalnya indah dan dapat memendarkan cahaya.

Untuk itu, kami sarankan pilihlah pencahayaan ruang tamu kecil dengan memanfaatkan model lampu plafon ruang tamu jenis tempel yang dipadukan dengan lampu celling. Lampu tempel tidak memakan banyak ruang karena langsung melekat pada desain plafon, sementara lampu celling akan memberikan bayang-bayang yang mendorong sisi perspektif penglihatan menjadi lebih luas.

4. Warna plafon ruang tamu kecil

Yang tidak kalah penting dalam membangun kesan luas pada model plafon ruang tamu kecil adalah perpaduan warna plafon dengan warna dinding dalam ruang tamu Anda. Hindarkan kesan kontras pada warna kedua bagian ini. Usahakan pula untuk memilih warna-warna cerah seperti putih, kuning, atau merah. Warna-warna tersebut berlaku bila Anda menggunakan gypsum sebagai bahan utama plafon. Sementara jika Anda menggunakan triplek atau kayu, maka biarkanlah kesan alami muncul dari desain plafon tersebut dengan mempertahankan warna dasar bahannya. Selengkapnya tentang pemilihan warna plafon ruang tamu, Anda bisa membaca di artikel sebelumnya.

Model Warna Plafon Ruang Tamu Kecil

5. Pemilihan interior (Tips Tambahan)

Tips ini sebetulnya tidak terkait dengan model plafon ruang tamu kecil yang Anda pilih, akan tetapi ia sangat menunjang terciptanya kesan luas pada ruang tamu Anda. Ya, pemilihan interior ruang tamu memang bagian yang tidak terpisahkan dan akan sangat membantu menghilangkan kesan perspektif yang sumpek pada ruang tamu kecil.

Tips pertama, pilihlah sofa minimalis sebagai tempat duduk di ruang tamu beserta meja kecil di tengahnya. Bila memungkinkan, Anda juga dapat menerapkan konsep ruang tamu lesehan seperti yang biasa diterapkan oleh masyarakat tradisional Jepang. Kemudian, hindarkan untuk meletakan lemari atau meja tambahan pada ruang tamu Anda karena ia akan memakan banyak tempat dan membuat sumpek ruangan. Jika Anda ingin meletakan piala, hiasan, atau pajangan, maka tempatkanlah ia menempel di dinding.

Model Warna Plafon Ruang Tamu Kecil Lesehan
Tips kedua, letakanlah cermin kaca pada salah satu bagian dinding ruang tamu. Cermin kaca ini akan menjadikan kesan luas pada ruang tamu Anda semakin nyata. Sekalipun cermin yang Anda letakan berukuran kecil (yang penting tinggi), ia akan sangat berpengaruh terhadap perspektif penglihatan tamu yang datang. Peletakan kaca ini juga dapat memberikan manfaat khusus bagi tamu Anda yang ingin bercermin.

Cermin Kaca di Ruang Tamu Kecil
Tips ketiga, usahakan jendela pada ruang tamu berukuran besar dan tidak memiliki bingkai. Bila ingin menggunakan horden, maka pilihlah horden tipis yang tidak memakan banyak tempat. Penggunaan teralis juga perlu diperhatikan. Hindari teralis dengan corak yang rumit, seperti flora, abstrak, atau fauna.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara menata ruang tamu yang kecil yang bisa Anda terapkan pada rumah berkonsep minimalis. Beberapa contoh model plafon ruang tamu kecil yang kami bagikan pada gambar-gambar di atas semoga bisa menginspirasi Anda dalam menentukan seperti apa desain yang tepat dari plafon ruang tamu Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon Ruang Tamu Kecil dan Tips agar Terlihat Luas