Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Jumat, 14 April 2017

30+ Model Lampu Plafon Ruang Tamu Minimalis yang Terlihat Mewah

Desain Ruang - Penataan cahaya merupakan unsur penting yang harus diperhatikan dalam menata plafon dan ruangan interior rumah minimalis. Dengan penataan cahaya yang tepat, baik itu cahaya alami dari jendela maupun cahaya lampu, maka ukuran ruangan yang sempit akan terkesan luas dan nyaman dipandang mata. Nah, di antara bagian rumah minimalis, ruang tamu sering kali mendapat porsi ukuran yang paling kecil. Bahkan, tak jarang luas ruangan ini hanya sekitar 3 x 3 meter. Untuk itu, penataan lampu pada ruang tamu khususnya di bagian plafon, perlu mendapat perhatian lebih. Lantas, bagaimana tips penataan lampu dan seperti apa model lampu plafon ruang tamu yang sebaiknya dipilih pada rumah dengan desain minimalis?

Model Lampu Plafon Ruang Tamu Minimalis

Untuk menata pencahayaan lampu plafon pada ruangan sempit seperti ruang tamu minimalis, kita perlu mengenal adanya 3 jenis lampu plafon sesuai dengan fungsi pencahayaannya, yaitu jenis lampu gantung, lampu tempel, dan lampu celling yang berfungsi untuk memberikan efek bayangan pada dinding plafon. Ketiga jenis lampu ini bisa dipilih dan dipadukan sesuai dengan desain ruang tamu Anda.

Model Lampu Plafon Ruang Tamu Minimalis

1. Model Lampu Gantung Ruang Tamu

Model lampu gantung adalah model lampu plafon ruang tamu yang paling populer dan sering digunakan. Alasannya, model lampu semacam ini cenderung dapat memberikan pencahayaan yang baik dan merata, sekalipun jumlah energi atau lampu yang digunakan tidak terlalu banyak.

Bagi ruang tamu berukuran besar dan mengusung konsep glamour, lampu gantung yang digunakan umumnya adalah lampu dengan hiasan pernik kaca. Pernik kaca yang menyerupai kristal akan mampu membiaskan cahaya lampu ke banyak arah sehingga ruang tamu menjadi lebih terang.

Akan tetapi, untuk ruang tamu dengan konsep minimalis, model lampu plafon ruang tamu semacam ini sangat tidak tepat untuk digunakan. Ukurannya yang besar dan kerumitan coraknya membuat keberadaan lampu ini di plafon ruang tamu menjadi sangat mengganggu. Selain itu, penggunaan lampu gantung mewah juga harus disokong oleh model plafon yang terbatas.

Model Lampu Plafon Ruang Tamu Mewah
Model Lampu Plafon Gantung Ruang Tamu Mewah
Jika Anda ingin menggunakan lampu gantung untuk plafon di ruang tamu minimalis, maka saran kami adalah gunakan jenis lampu gantung yang tidak terlalu banyak corak. Pilih lampu gantung yang simple, tapi benar-benar dapat menunjang fungsi pencahayaan di ruang tamu Anda. Contoh lampu gantung pada gambar di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi.

Model Lampu Plafon Gantung Ruang Tamu Minimalis
Model Lampu Plafon Gantung Ruang Tamu Sederhana

2. Model Lampu Tempel pada Plafon Ruang Tamu

Selain model lampu gantung, saat ini juga tengah populer jenis lampu yang menempel pada plafon secara sederhana. Lampu tempel cenderung lebih tepat digunakan untuk ruangan bergaya minimalis karena hemat tempat dan tidak menggangu pemandangan. Penggunaan lampu semacam ini dapat membantu ruangan untuk memperoleh kesan perspektif yang luas.

Model Lampu Plafon Tempel Ruang Tamu Sederhana
Ada banyak jenis lampu tempel yang dapat Anda gunakan untuk plafon ruang tamu Anda. Anda bisa memilih model lampu plafon ruang tamu berbentuk kotak, oval, atau membulat. Kendati begitu, lampu semacam ini tidak dapat memberikan fungsi pencahayaan secara maksimal. Jika ingin ruangan benar-benar terang dan cerah, Anda perlu menambahkan lampu celling di balik lapisan plafon. Perpaduan lampu celling dan lampu tempel yang ditata dengan tepat akan membuat ruangan terkesan lebih luas dan nyaman bagi para tamu Anda.

Model Lampu Plafon Tempel Ruang Tamu Minimalis
Model Lampu Plafon Tempel Ruang Tamu Kecil
Model Lampu Plafon Tempel Ruang Tamu Unik

3. Lampu Celling untuk Efek Plafon yang Luas

Lampu celling adalah lampu yang dilekatkan di balik lapisan plafon untuk memberikan efek pencahayaan yang maksimal. Lampu celling jarang digunakan pada model plafon ruang tamu mewah dari bahan kayu atau gypsum. Model lampu plafon ruang tamu ini cenderung lebih sering dipakai pada desain plafon ruang tamu minimalis karena dapat menunjang tercapainya kesan luas pada perspektif pengamatnya. Jadi bagi Anda yang mengusung konsep minimalis pada interior hunian Anda, maka pemahaman tentang lampu celling mutlak Anda butuhkan.

Penataan Pencahayaan Lampu Plafon Tempel Ruang Tamu Unik
Lampu celling yang biasa digunakan adalah lampu tabung panjang yang kurang hemat energi. Oleh karena itu, untuk memperoleh pencahayaan maksimal dengan penggunaan lampu yang terbatas maka tata letak lampu yang dipasang sebaiknya diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikan letak lampu utama yang terpasang di tengah plafon. Dalam hal ini, pemasangan lampu celling secara simetris adalah kunci utamanya.

Khusus bagi Anda yang ingin berhemat, Anda juga dapat menggunakan lampu hemat energi dengan watt kecil. Baik lampu pijar berupa bohlam kuning maupun lampu stik putih semuanya bisa Anda pilih dengan menyesuaikan selera dan keinginan Anda. Jika ingin ruang tamu terkesan hangat, pilihlah pijar lampu kuning yang dipadukan dengan cat plafon ruang tamu berwarna coklat. Sementara, jika ingin ruang tamu terkesan rapi dan minimalis, pilihlah pijar lampu berwarna putih dengan warna plafon ruang tamu yang cerah.

Nah, itulah tips penataan lampu plafon beserta beberapa contoh model lampu plafon ruang tamu untuk rumah berkonsep minimalis. Anda bisa memadukan model dan penataan lampu plafon tersebut disesuaikan dengan keinginan Anda. Tapi, sebaiknya perlu diperhatikan pula tata jendela sebagai sumber pencahayaan alami dan pemilihan warna cat interior ruangan agar pencahayaan ruangan dapat maksimal dengan penggunaan energi listrik yang lebih efisien.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Lampu Plafon Ruang Tamu Minimalis yang Terlihat Mewah