Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Jumat, 14 April 2017

30+ Model Plafon Kayu Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya

Desain Ruang - Untuk menampilkan kesan mewah pada hunian tempat tinggalnya, banyak orang yang menggunakan bilah kayu sebagai material utama plafon ruang tamunya. Penggunaan material kayu untuk plafon dianggap dapat memberikan efek luxury dan glamor, terlebih bila kayu yang digunakan berasal dari jenis kayu jati dan dilengkapi dengan corak ukiran yang unik. Selain itu, penggunaan bahan kayu juga memberikan keleluasaan bagi pemilik rumah dengan ada banyak varian model yang dapat dipilih. Lantas seperti apa model plafon kayu ruang tamu terbaru yang saat ini sedang ngetrend? Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan kayu sebagai bahan utama plafon ruang tamu?

Model Plafon Kayu Ruang Tamu

Sebelum membahas tentang berbagai macam model plafon kayu ruang tamu, terlebih dahulu akan lebih baik bila Anda mengenal beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan material ini sebagai bahan plafon. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda tidak akan menyesal di kemudian hari karena memilih kayu sebagai material bahan plafon.


1. Kelebihan dan Kekurangan Plafo Kayu

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan plafon kayu. Selain karena bahannya yang awet dan tahan ambruk, material kayu juga bisa disusun dengan model yang beragam. Model plafon kayu ruang tamu bisa disesuaikan dengan konsep hunian Anda, baik itu minimalis, mewah, atau bergaya tradisional. Plafon kayu juga terbilang lebih kokoh dibandingkan plafon yang dibuat dari bahan lainnya. Jika semisal atap bocor, kekokohan plafon kayu juga bisa diandalkan.

Akan tetapi, selain memberikan kelebihan tersebut, penggunaan model plafon kayu ruang tamu juga memiliki kekurangan. Yang pertama terletak dari sisi ekonomis. Biaya pemasangan plafon kayu termasuk sangat tinggi. Bahan kayu yang mahal, jumlah paku yang dipasang, serta ongkos tukang untuk pemasangan seringkali menjadi faktor yang membuat orang mengurungkan niatnya untuk memasang plafon dari bahan ini. Selain itu, saat ada kerusakan misalnya karena ada sebagian kayu plafon yang gapuk diserang kutu, maka konsekuensinya pembenahan harus dilakukan secara menyeluruh. Karena jika tidak, serangan kutu akan meluas dan merusak semua bagian plafon.

Model Plafon Kayu Ruang Tamu

2. Biaya Pemasangan Plafon Kayu

Penyebab besarnya biaya pemasangan plafon kayu terletak pada 3 hal. Pertama, karena harga kayu yang mahal, lalu biaya paku dan kelengkapan pemasangan, serta karena ongkos tukang yang tinggi.

Seperti diketahui, saat ini material kayu semakin sulit diperoleh. Ini mendorong naiknya harga bahan kayu di pasaran, terlebih untuk kayu-kayu kualitas kelas satu seperti kayu jati. Sebagai gambaran, saat ini dipasarang perkubik kayu telah mencapai harga Rp. 7 juta sd 20 juta. Semakin bagus jenis kayunya, semakin mahal harganya. Sementara itu, dari setiap kubik kayu yang Anda beli, hanya akan mampu mencukupi kebutuhan plafon seluas 10 m2. Jadi, bila ruang tamu Anda berukuran 3x3 meter, maka paling tidak biaya yang dikeluarkan hanya untuk bahannya saja adalah sekitar Rp.7 juta, itupun untuk kayu kualitas rendah.

Model Plafon Kayu Ruang Tamu dan Biaya
Selain biaya bahan kayu, bahan paku dan kelengkapan pemasangan plafon lainnya juga cukup besar. Namun, hal ini juga tergantung dari seperti apa model plafon kayu ruang tamu yang Anda pilih. tapi yang jelas, dibandingkan dengan pemasangan plafon dari jenis gypsum, PVC, GRC, atau triplek, penggunaan paku pada pemasangan plafon kayu cenderung sangat jauh lebih besar.

Sejalan dengan jumlah paku yang digunakan, maka ongkos tukang dalam pemasangan plafon kayu juga akan semakin besar. Ongkos tukang yang saat ini mahal harus menjadi perhatian, terlebih untuk Anda yang memiliki keterbatasan anggaran.

3. Model Plafon Kayu Ruang Tamu Sederhana

Terlepas dari mahalnya biaya pemasangan, bagi Anda yang sudah memiliki anggaran yang cukup tentu akan tetap menggunakan bahan ini sebagai material utama plafon. Namun, khusus bagi Anda yang memiliki keterbatasan anggaran, maka kami sarankan pilihlah desain plafon yang sederhana. Berikut ini beberapa contoh gambar model plafon ruang tamu sederhana yang bisa Anda pilih.

Model Plafon Kayu Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Model Plafon Kayu Ruang Tamu Minimalis

4. Model Plafon Kayu Ruang Tamu Mewah

Sementara bagi Anda yang punya persiapan anggaran yang cukup banyak sehingga ingin benar-benar menyajikan kesan mewah pada ruang tamu Anda, maka kami sarankan pilihlah jenis kayu berkualitas, misalnya dari jenis kayu jati. Selain itu, pilihlah model plafon ruang tamu yang memiliki ukiran-ukiran seperti tersaji pada gambar di bawah ini.

Model Plafon Kayu Jati Ruang Tamu
Model Plafon Kayu Jati Ruang Tamu Mewah

5. Model Plafon Kayu Ruang Tamu Kombinasi

Untuk desain ruang tamu minimalis, kami sarankan untuk mengkombinasikan bahan kayu dengan bahan gypsum atau GRC yang mudah di atur. Perpaduan kedua bahan ini akan menyajikan perspektif yang luar biasa menarik. Sekalipun kesan tradisional muncul, kesan minimalis dari hunian Anda akan tetap ada dan nyata. Berikut ini beberapa contoh model plafon kayu ruang tamu yang bisa Anda pilih.

Model Plafon Kayu Ruang Tamu Kombinasi
Model Plafon Kayu Ruang Tamu Minimalis
Model Plafon Kayu Ruang Tamu Sederhana
Nah, demikianlah kelebihan, kekurangan, serta gambaran biaya pemasangan plafon kayu untuk ruang tamu Anda. Silakan tentukan model plafon kayu ruang tamu mana yang menurut Anda menarik dan sesuaikan dengan budget anggaran yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon Kayu Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya