Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Selasa, 18 April 2017

30+ Contoh Plafon Ruang Tamu Minimalis Terbaru yang Elegan

Desain Ruang - Meski sudah lama ada, hingga kini desain rumah minimalis masih sangat diminati banyak orang. Alasannya adalah karena desain rumah seperti ini dapat mengatasi keterbatasan lahan hunian dan mahalnya harga tanah yang kebutuhanya terus meningkat. Desain rumah minimalis mendorong semua bagian ruang dalam rumah agar memiliki utilitas yang optimal. Hal ini juga berlaku pada desain bagian atas ruang tamu. Pemilihan model plafon ruang tamu pada rumah minimalis harus mendorong terciptanya kesan luas pada perspektif penglihatan manusia. Lantas, seperti apa contoh plafon ruang tamu minimalis yang bisa Anda terapkan di hunian Anda?

Contoh Plafon Ruang Tamu Minimalis

Untuk menciptakan plafon ruang tamu yang minimalis, ada beberapa konsep yang harus dipahami dan diterapkan pada desain interior plafon. Konsep tersebut meliputi tinggi peletakan plafon dari lantai, pemilihan warna dasar plafon dan kecocokannya dengan warna dinding, pencahayaan, serta corak dan model plafon yang digunakan.

contoh plafon ruang tamu minimalis

1. Tinggi Plafon dari Lantai

Pada desain ruang tamu minimalis, ukuran atau space ruang pastilah menjadi sangat terbatas. Panjang dan lebar ruangan yang kecil menjadikan kesan sempit terasa sangat kuat. Untuk membuatnya terasa lebih lega, maka Anda dituntut untuk mempertinggi pemasangan plafon sehingga ukurannya lebih panjang dibandingkan lebar ruang tamu. Setidaknya, pemasangan plafon dilakukan pada ketinggian +1 meter dari lebar ruang tamu Anda. jika ruang tamu Anda selebar 3 meter, maka setidaknya tinggi plafon Anda adalah sekitar 4 meter. Untuk diketahui, plafon yang dipasang cukup tinggi, selain dapat membuat ruang tamu terkesan luas juga dapat membuat udara tidak menjadi cepat panas ketika ruangan diisi oleh banyak orang.

2. Kombinasi Warna Plafon dan Dinding

Warna juga memegang peranan penting dalam menciptakan desain plafon minimalis pada ruang tamu Anda. Pemilihan warna yang tepat akan menciptakan kesan sederhana, bersih, sekaligus luas. Hindari warna-warna gelap untuk ruang tamu dengan ukuran kecil, kecuali bila Anda dapat memadukan desain interior dan pencahayaan alami secara optimal.

Bagi banyak ahli desain interior, warna-warna cerah seperti putih, kuning muda, abu metalik, dan putih susu adalah pilihan terbaik untuk contoh plafon ruang tamu minimalis. Warna-warna tersebut dapat dipadukan dengan warna dinding yang lebih beragam. Selengkapnya tentang paduan warna antara plafon dan dinding, Anda bisa membacanya di artikel berikut: 10+ Warna Plafon Ruang Tamu Rekomendasi untuk Desain Rumah Minimalis.

contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis
Baca Juga : 30+ Model Plafon Ruang Tamu Sederhana Rumah Minimalis

3. Pencahayaan Plafon Ruang Tamu

Warna dan cahaya adalah 2 hal yang sangat mempengaruhi spektrum penglihatan mata seseorang. Oleh karena itu, pemilihan warna yang tepat juga harus dipadukan dengan tata cahaya yang merata pula agar kesan luas pada desain ruang tamu minimalis dapat benar-benar muncul.

Anda bisa melihat bagaimana teknik pencahayaan pada contoh plafon ruang tamu minimalis di gambar-gambar pada artikel ini. secara garis besar, pencahayaan dilakukan dengan teknik layering menggunakan ceiling lamp yang cukup banyak. Selain itu, optimalisasi fungsi jendela sebagai pencahayaan alami juga dilakukan agar penggunaan energi listrik dapat dihemat.

contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis
contoh plafon ruang tamu minimalis

4. Pemilihan Corak Plafon

Dari contoh-contoh plafon ruang tamu minimalis yang tersaji pada artikel ini, kita juga dapat melihat adanya kesamaan corak pada desain plafon yang ada. Untuk memperoleh kesan minimalis, corak bahan plafon memang dibuat merata dan sederhana. Sambungan antar material plafon juga sebisa mungkin dibuat tidak terlihat, termasuk pada desain plafon kayu ruang tamu.

contoh plafon ruang tamu minimalis
Sambungan antar papan atau material plafon, bila dibiarkan tetap terlihat, akan memunculkan garis-garis horizontal yang akan merusak sisi perspektif penglihatan. Itulah alasan kenapa pemasangan harus dilakukan oleh tukang yang handal dan berpengalaman.

Nah, demikian pemaparan tentang konsep penataan desain ruang tamu minimalis pada bagian plafon. Dari contoh plafon ruang tamu minimalis yang disajikan, Anda dapat berkreasi semaksimal mungkin untuk menemukan paduan desain yang sesuai selera Anda. Selamat berkreasi!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Contoh Plafon Ruang Tamu Minimalis Terbaru yang Elegan