Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Rabu, 19 April 2017

30+ Model Plafon Gypsum Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya

Desain Ruang - Material gypsum kini banyak digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan plafon rumah-rumah berkonsep minimalis modern. Plafon gypsum dianggap dapat memberikan kesan rapi dan bersih pada kenampakan langit rumah dengan tidak terlihatnya sambungan-sambungan antar material seperti yang terdapat pada plafon kayu, GRC, PVC, atau triplek. Kendati dapat memberikan kesan rapi, penggunaan plafon gypsum juga tetap harus memperhatikan pemilihan model plafon yang tepat, khususnya untuk bagian ruang tamu yang biasanya kerap mendapat porsi space yang sempit. Lantas, seperti apa model plafon gypsum ruang tamu yang sebaiknya diterapkan pada rumah berkonsep minimalis modern?

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

Sebelum membahas tentang beragam model plafon gypsum ruang tamu pada rumah minimalis, terlebih dahulu ada baiknya untuk Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan material ini jika dijadikan sebagai bahan utama plafon rumah. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda akan dapat menyesuaikan penggunaan plafon ini sesuai dengan kondisi eksterior dan interior rumah.

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

1. Kelebihan Plafon Gypsum

Plafon gypsum banyak dipilih karena adanya beberapa kelebihan yang diberikannya sebagai material plafon yang murah dan mudah didapat. Selain karena tekstur lapisan yang rata karena sambungan antar material tidak terlihat, plafon gypsum juga dilengkapi dengan beragam aksesoris dan hiasan seperti list, sudut, atau interior berukir yang cukup lengkap. Ini membuat para pemilik rumah lebih mudah berkreasi dalam menentukan model plafon gypsum ruang tamu yang sesuai dengan seleranya.

Selain itu, perawatan plafon gypsum juga terbilang mudah. Semisal ada bagian yang rusak, maka perbaikan cukup dilakukan secara lokal dan tidak perlu membongkar semua plafon secara keseluruhan. Dan yang paling penting, jenis material ini tahan rayap, tahan api (tidak mudah terbakar), dan mudah dipasang.

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Baca Juga : 30 Model Plafon Ruang Tamu Sederhana

2. Kelebihan Plafon Gypsum

Selain punya kelebihan, plafon gypsum juga memiliki banyak kekurangan. Bahan plafon ini sangat rentan terhadap kelembaban tinggi dan tetesan air. Pada banyak kejadian, atap rumah yang bocor dapat membuat plafon gypsum menjadi ambruk secara keseluruhan. Sementara itu, bilapun kebocoran dapat diatasi, sisa rembesan air masih akan tetap meninggalkan bercak noda pada permukaan plafon. Gypsum juga tidak tahan benturan, artinya Anda harus berhati-hati ketika membersihkannya dengan sapu supaya gypsum tidak tertekan dengan kuat.

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

3. Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, hingga kini gypsum tetaplah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai bahan plafon untuk hunian tempat tinggalnya. Beragam model yang dapat dipilih menjadi alasan terbesar kenapa jenis material ini lebih banyak dipilih. Baik untuk rumah berkonsep minimalis, sederhana, elegan, hingga rumah mewah sekalipun, penggunaan gypsum sebagai plafon nyatanya dapat tetap diandalkan.

Nah, bagi Anda yang mengusung konsep minimalis di hunian Anda, beberapa gambar model plafon gypsum ruang tamu minimalis berikut ini mungkin bisa coba Anda kreasikan sesuai dengan selera Anda.

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Sementara bagi Anda yang ingin menampilkan kesan mewah di ruang tamu, usahakan untuk memilih model plafon dengan list glamour. Berikut ini beberapa contoh model plafon gypsum ruang tamu mewah yang mungkin bisa Anda pilih.

Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu
Demikian sedikit yang dapat kami sampaikan tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan plafon gypsum untuk rumah dan ruang tamu Anda. Dari berbagai model plafon gypsum ruang tamu yang kami sajikan, Anda tentu sudah dapat menemukan mana model yang paling tepat untuk diterapkan di rumah Anda. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon Gypsum Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya