Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Kamis, 13 April 2017

30+ Model Plafon Ruang Tamu Sederhana untuk Rumah Minimalis Terbaru

Desain Ruang – Pemilihan interior saat menyusun setiap ruangan dalam rumah adalah bagian penting yang tidak boleh diabaikan jika Anda ingin susunan ruangan menjadi rapi dan nyaman untuk dihuni. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih model plafon ruang tamu sederhana untuk hunian yang minimalis. Pada rumah minimalis, ukuran ruang tamu biasanya sangat terbatas antara 3x3 meter atau bahkan kurang. Sehingga hal ini perlu disiasati dengan memilih model plafon yang tepat untuk membuat ruang tamu Anda terkesan luas.

Model Plafon Ruang Tamu Sederhana

Dalam memilih model plafon ruang tamu sederhana untuk rumah minimalis, kita perlu memperhatikan beberapa unsur. Unsur-unsur dasar tersebut terletak pada tinggi plafon, bentuk plafon, warna cat plafon, pencahayaan, serta pemilihan bahan untuk plafon yang hendak Anda gunakan. Perpaduan unsur-unsur ini secara tepat akan membuat ruang tamu yang sempit menjadi terasa lebih longgar dan nyaman bagi tamu yang datang ke rumah Anda.

Model Plafon Ruang Tamu Sederhana

1. Tinggi plafon ruang tamu sederhana

Untuk ukuran ruang tamu pada rumah dengan konsep minimalis, kita perlu memperhatikan ketinggian dinding dan plafon agar dapat mendukung kenyamanan bagi penghuninya. Selain dapat mempengaruhi suhu dalam ruangan, ketinggian plafon dari lantai juga akan mempengaruhi perspektif penglihatan kita dalam menciptakan kesan sempit-luas.

Pada umumnya, ketinggian plafon yang tepat untuk menunjang fungsi perspektifnya adalah +1 dari lebar ruang tamu yang ada. Jika lebar ruang tamu Anda adalah 3 meter, maka idealnya plafon pada ruangan itu memiliki tinggi sekitar 4 meter. Dengan aturan demikian, maka ruangan akan terlihat lebih luas.

model plafon ruang tamu sederhana kecil
Kendati pun demikian, untuk ruang tamu yang luas, kita sebetulnya juga tidak membutuhkan plafon yang terlalu tinggi. Plafon setinggi 5 meter adalah batas maksimal yang sebaiknya Anda gunakan terlebih bila rumah Anda adalah rumah tipe minimalis.

2. Model plafon sederhana

Pemilihan model plafon yang sesuai dengan luas ruang tamu dan konsep hunian yang diangkat akan sangat berpengaruh dalam menciptakan rasa nyaman pada ruang tamu Anda. Jika mengangkat desain minimalis dan ruang tamu Anda berukuran kecil, maka pilihlah model plafon dengan desain sudut berlapis. Dengan model demikian, maka kesan modern akan terlihat dan ukuran ruang tamu Anda akan tampak lebih luas. Berikut ini beberapa desain dari model plafon ruang tamu sederhana yang mungkin dapat Anda pilih.

model lampu plafon ruang tamu sederhana
plafon ruang tamu sederhana mewah
warna cat plafon ruang tamu sederhana plafon pvc ruang tamu sederhana
 desain plafon ruang tamu sederhana sederhana
cat plafon ruang tamu sederhana

3. Warna cat plafon

Pemilihan bentuk atau model plafon ruang tamu sederhana juga perlu memperhatikan pemilihan warna cat. Warna cat yang Anda gunakan untuk plafon rumah Anda akan mempengaruhi bagaimana sisi perspektif  bagian atas ruang tamu bagi mereka yang melihatnya.

Lazimnya, para ahli interior desain menganjurkan Anda untuk memilih warna cat plafon yang cerah, seperti putih, krem, atau abu muda untuk ruang tamu sederhana. Namun, Anda juga bisa memilih warna cat plafon ruang tamu tersebut dengan menyesuaikan bahan plafon yang Anda gunakan.

warna plafon ruang tamu sederhana

4. Pencahayaan plafon

Sisi pencahayaan adalah bagian terpenting yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih model plafon ruang tamu sederhana. Pencahayaan tidak bisa dilepaskan dari bagaimana model plafon yang Anda pillih. Lampu penerangan yang menggantung di plafon harus Anda tentukan dengan menyesuaikan model plafon dan ukuran ruang tamu. Hindari memilih lampu gantung berukuran besar bila Anda memiliki ukuran ruang tamu yang sempit. Dan pastikan inner lamp Anda gunakan untuk menambah kesan tinggi pada plafon ruang tamu Anda.

model plafon kayu ruang tamu sederhana

5. Pemilihan bahan plafon

Bahan plafon yang Anda gunakan akan sangat mempengaruhi konsep dasar ruang tamu Anda. Untuk model plafon ruang tamu sederhana, pilihlah bahan plafon dari jenis GRC, Gypsum, triplek, atau PVC. Keempat bahan ini cenderung lebih mudah diatur dan dapat memberikan kesan rapi, terlebih bila dipadukan dengan pencahayaan dan warna yang tepat. Sementara itu, untuk bahan plafon kayu dan bambu sebaiknya tidak Anda gunakan bila Anda tidak benar-benar memahami konsep dasar penataan interior ruangan secara tepat.

Nah, demikianlah tips dalam menata plafon ruang tamu Anda beserta beberapa contoh model plafon ruang tamu sederhana untuk rumah minimalis yang dapat Anda pilih. Pastikan untuk tidak memilih model dengan banyak corak untuk menciptakan kesan modern pada interior ruang tamu Anda. Dan selamat berkreasi untuk menentukan mana model plafon terbaik yang sesuai selera.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon Ruang Tamu Sederhana untuk Rumah Minimalis Terbaru