Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Sabtu, 22 April 2017

24+ Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik dan Tips Memilihnya

Warna Cat Ruang Tamu Minimalis – Dalam sebuah desain ruang tamu minimalis, pemilihan warna cat menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Pemilihan warna cat yang tepat akan membuat ruang tamu yang kecil menjadi terasa longgar dan menguatkan munculnya kesan minimalis pada perspektif penglihatan kita. Lantas, bagaimana tips dalam prinsip pemilihan warna cat ruang tamu minimalis yang sebaiknya diterapkan? Apa saja warna cat yang direkomendasikan para ahli interior desain untuk sebuah ruang tamu minimalis? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini!

Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Secara umum, para ahli interior desain di seluruh dunia akan menyarankan penggunaan warna putih sebagai warna utama desain ruang tamu berkonsep minimalis. Warna putih dianggap dapat memberikan kesan luas pada penglihatan mata, sekaligus juga dapat mendorong terciptanya nuansa rapi dan teratur. Kendati demikian, pada beberapa tahun terakhir ini penggunaan warna-warna pucat, warna cerah, dan kombinasi warna tertentu sebagai warna utama desain ruang tamu minimalis juga telah banyak dilakukan. Hasilnya cukup memuaskan sehingga dapat menjawab kebosanan para pemilik rumah terhadap penggunaan warna putih pada desain ruang tamu minimalisnya.

Warna Cat Ruang Tamu Minimalis
Adapun bila ditinjau dari teori warna, terdapat beberapa prinsip dasar yang sebaiknya memang diterapkan dalam sebuah desain ruang tamu minimalis. Prinsip dasar tersebut meliputi pemilihan contrast (kontras), brightness (kecerahan), dan sharpness (ketajaman).

1. Kontras Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Prinsip pemilihan warna cat ruang tamu minimalis berdasarkan aspek contrast ditujukan untuk memperoleh perpaduan warna yang serasi antara satu elemen interior ruang tamu dengan warna dindingnya. Contoh sederhananya adalah contrast antara warna dinding dengan warna plafon, warna lantai, serta warna furniture lainnya yang terdapat di dalam ruang tamu.

Dalam aspek kontras, warna dinding ruang tamu yang Anda pilih haruslah memiliki panjang gelombang yang tidak jauh berbeda dengan warna elemen interior lainnya yang terdapat di dalam ruang tamu. Jika menggunakan dinding berwarna abu-abu metalik misalnya, Anda diharuskan menggunakan warna plafon dan warna lantai putih susu. Sementara jika Anda hendak menggunakan warna orange pada dinding ruang tamu, maka setidaknya plafon Anda berwarna kuning dan lantai Anda berwarna putih orange. Kontras yang rendah pada perpaduan warna-warna elemen ruang tamu akan membuat mata yang memandangnya tidak cepat lelah dan menjauhkan kesan sumpek atau rasa bosan setiap tamu yang datang.

Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Baca Juga : Model Plafon Ruang Tamu Minimalis

2. Kecerahan Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Prinsip pemilihan warna cat ruang tamu minimalis berdasarkan aspek brightness ditujukan untuk memperoleh tingkat kecerahan warna yang tepat dan sesuai dengan batas nyaman penglihatan mata. Untuk desain ruang tamu minimalis, kecerahan warna dinding sebaiknya dibuat setinggi mungkin. Tujuannya adalah untuk membuat kesan luas dan longgar pada penglihatan mata. Dalam hal ini, warna putih, kuning muda, biru muda, dan warna cerah lainnya memberikan efek terbaik bagi sisi perspektif mata saat melihatnya. Kendati demikian, pemilihan kecerahan warna cat ruang tamu minimalis juga perlu memberhatikan tingkat sharpness atau ketajaman warnanya.

Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

3. Ketajaman Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Prinsip pemilihan warna cat ruang tamu minimalis berdasarkan aspek sharpness ditujukan untuk memperoleh tingkat ketajaman warna yang sesuai dengan batas nyaman penglihatan mata. Warna cat dinding yang terlalu tajam akan membuat mata menjadi cepat lelah, sehingga rasa bosan dan kesan sumpek akan muncul dengan sendirinya pada setiap tamu yang datang. Untuk itu, pilihlah warna cat yang soft seperti warna pastel jika Anda ingin memiliki desain ruang tamu minimalis yang nyaman bagi tamu Anda.
Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Nah, demikianlah beberapa prinsip pemilihan warna cat ruang tamu minimalis yang harus diperhatikan jika Anda ingin menciptakan kesan ruang tamu yang luas, nyaman, dan tidak membosankan. Silakan berkreasi untuk menentukan mana warna yang sesuai untuk ruang tamu minimalis di rumah Anda!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 24+ Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik dan Tips Memilihnya